Gitar Gibson: Suara dari Dunia Musik Rock ‘n Roll

Setelah berbulan-bulan desas-desus, Gibson, produsen gitar legendaris, telah mengajukan kebangkrutan dengan utang antara US $ 100 juta dan US $ 500 juta. Lebih penting lagi, perusahaan juga mengumumkan rencana untuk menata ulang dan merestrukturisasi bisnisnya, dengan mengatakan pihaknya memiliki perjanjian dengan pemegang lebih dari 69% dari utangnya yang akan memungkinkannya untuk terus beroperasi.

Sebenarnya, gitar Gibson telah memainkan peran utama dalam mendefinisikan suara musik populer. Dalam serial dokumenter YouTube yang populer, Rig Rundown, gitaris terkenal dan teknisi mereka membahas hal-hal kecil dari sistem efek gitar yang kompleks, pengukur string yang tidak biasa dan berbagai amplifier yang berbeda yang digunakan untuk membuat suara khas mereka. Dalam program yang berfokus pada AC/DC, rahasia ke salah satu nada gitar paling ikonik dunia akhirnya – hampir mengecewakan – terungkap. Edisi standar Gibson SG gitar, kabel dan amp. Sesederhana itu.

Musik rock tidak akan sama tanpa Gibson. Gambar Chuck Berry dengan setelan zoot-nya dan berjalan-jalan di atas panggung solo solo dengan gaya quiff – atau Jimmy Page di puncak kekuatannya, menyerang instrumennya dengan busur biola sementara kerumunan Madison Square Garden yang terpesona memandang.

Pertimbangkan penampilan Angus Young saat dia berbaring, spot menyala dan panggung tengah, kaki mengejang, berputar dalam lingkaran tanpa akhir dengan teriakan gitarnya; atau Slash, hampir setiap saat dalam karirnya selama 30 tahun, topi dan rambut top, rokok menjuntai dari bibirnya dan gitar rendah tergantung di bahunya. Inti dari semua ini adalah gitar Gibson.

Gitar-gitarnya juga cantik. Kami melihat bermacam-macam gitarnya di etalase toko, tergantung di dinding orang, beberapa tidak pernah dimainkan tetapi kehadiran mereka hanya membuat ruang menjadi sedikit lebih edgier dan lebih dingin.

# Bangkitnya Rock’n’roll Klasik

Orville Gibson mendirikan perusahaan pada tahun 1902 sebagai Gibson Mandolin-Guitar Mfg. Co Ltd di Kalamazoo, Michigan. Perusahaan awalnya membuat mandolin dan instrumen serupa lainnya – tetapi, seiring perkembangan bisnis, Gibson juga melakukannya. Pertama-tama mereka menciptakan gitar “archtop”, yang meniru bentuk biola, kemudian pada 1930-an gitar akustik “flat top” yang lebih akrab yang kita lihat hari ini. Pelepasan Gibson Les Paul pada tahun 1952 memperkuat reputasi perusahaan sebagai pembangun instrumen kelas atas. Sampai saat ini, ini masih gitar mereka yang paling sukses.

Jika Anda pernah memegang gitar Gibson, Anda dapat merasakan sejarahnya. Model tubuh berongga terasa rapuh, hampir tidak kuat, tampaknya tidak dilengkapi dengan baik untuk mengatasi kerasnya kinerja musik modern. Gitar tubuh yang kokoh terasa seperti dipukul bersama di garasi seseorang dari potongan kayu cadangan – sakelar dan kenop kuno melukiskan artefak tahun 1950-an. Les Paul pertama dibuat dari papan kayu empat kaki tunggal dan dikenal sebagai The Log. Les Paul modern benar-benar tidak jauh berbeda. Mereka berat, dalam kedua pengertian kata.

Mungkin bagian dari masalah Gibson adalah bahwa instrumen benar-benar dihargai oleh orang-orang yang memainkannya. Sebagian besar gitar asli dari tahun 1950-an, 1960-an dan 1970-an masih dalam pelayanan atau bentuk yang baik, banyak mendominasi dengan sejumlah uang yang luar biasa di pasar bekas. Provenance menambah keinginan dan nilai lebih lanjut. 1959 Les Paul Standard Keith Richard, diputar di penampilan TV AS pertama Rolling Stones di Ed Sullivan Show, membuat sejarah ketika dijual seharga US $ 1 juta pada tahun 2003. Tidak buruk untuk sepotong kayu dan beberapa keping logam.

Ada juga beberapa spekulasi di media bahwa kebangkrutan Gibson berkaitan dengan penurunan band-band gitar, bahwa kita tidak lagi memiliki pahlawan gitar. Tapi kemudian lihat daftar artis yang saat ini mendominasi slot tajuk utama festival: Foo Fighters, Radiohead, Ed Sheeran, Fall Out Boy, Raja Leon, Courteeners, The Vaccines, Biffy Clyro – dan, coba tebak – gitar, bersenar enam ini yang digunakan mereka adalah merek dari Gibson.

Gibson adalah merek ikonik, yang secara intrinsik terkait dengan salah satu bentuk seni terhebat sepanjang masa. Gitar mereka telah memainkan peran yang sangat penting dalam mendefinisikan suara musik populer, musik yang menjadi soundtrack momen paling penting dalam hidup kita.

Facebook Comments