Sungha Jung, Gitaris Fingerstyle dari Korea Selatan

Siapa itu Sungha Jung

Sungha Jung adalah sebuah fenomena yang nyata! Siapa yang mengira bahwa seorang gitaris gaya jari (fingerstyle), pemetik senar, suatu hari akan membutuhkan penjaga keamanan untuk mencegahnya dikerumuni oleh para gadis remaja yang berteriak kegirangan?

Tapi itu benar; Konsernya di Asia memiliki banyak pengikut remaja yang beberapa di antaranya telah menjadi idola berat versi kaum muda dan bagi banyak lainnya sebagai seorang teladan yang patut dicontoh.

Sungha Jung memiliki daya tarik yang keren dan awet muda yang dengannya ia telah mengubah posisi gitar akustik ke status yang baru. Teladannya telah membuat gitar tiba-tiba menjadi sangat keren! Dia telah mengembangkan kredibilitas yang serius dan sekarang menemukan dirinya di radar banyak kelas berat internasional. Berbagai konsernya termasuk penampilan Eropa dan Amerika dengan bintang-bintang seperti Jason Mraz, Paul Gilbert, Andy McKee, dan banyak lainnya.

Tapi apa resep rahasianya?

Sungha Jung Kecil

Ini dimulai dengan klip video yang dia posting di YouTube, di mana dia memainkan aransemen gitar akustik fingerstyle dari trek lagu rock, pop, atau film. Akibatnya, dia semakin sering muncul selama penelusuran Youtube yang tentu saja tidak selalu ditujukan langsung padanya.

Tentu saja, ketika bertemu dengan seorang anak berusia 9 tahun yang memainkan gitar dengan luar biasa, seseorang akan cenderung terus menonton. Ini terjadi perlahan-lahan pada awalnya, tetapi kemudian lebih dan lebih cepat menular ke yang lainnya. Jelas ini bukan hanya kasus biasa – pria itu adalah pemain yang sangat hebat! Dan, tunggu sebentar, menurutmu berapa umur dia? Berapa, 9 tahun, atau mungkin 10? Luar biasa!

Terlebih lagi, dia mengupload materi baru setiap minggu dan terus berkembang setiap saat. Singkatnya, dia sekarang memiliki 500 juta klik video dan 2 juta pelanggan di akun YouTube-nya. Namun dia tetap menjadi pria dengan image yang santai dan baik yang masih mengunggah setidaknya satu klip video setiap minggu, kebanyakan dari background sofa yang sama.

Salah satu mentor dan teladan terpentingnya (dia pasti memiliki banyak contoh lainnya) yang pantas disebutkan, karena tanpa dia sejarah akan berkembang secara berbeda, adalah: Ulli Bögershausen. Dia menemukan Sungha Jung di Internet sejak awal dan memegang tangannya. Tidak perlu les gitar tetapi Sungha belajar banyak di bidang komposisi dan aransemen dari Ulli.

Pada tahap ini Sungha Jung telah merilis 3 album, semuanya direkam di Ulli Bögershausen di Jerman dan menampilkan lebih banyak lagi yang asli dari seorang Sungha Jung.

Kamu bisa dengan mudah menemukan seluruh permainan gitar Sungha Jung di Youtube, cukup ketik nama “Sungha Jung”.

Sungha Jung

Fingerstyle Guitar: Berlaku untuk semua variasi pilihan permainan instrumen pada gitar senar baja. ‘Fingerpicking’ mengacu pada pola yang menggunakan nada bass bergantian untuk meniru piano ragtime yang khas. Dengan ‘gaya jari’ tangan kanan sangat penting, memainkan garis melodi dan bas. Dalam hal ini ‘gaya jari’ secara teknis mirip dengan teknik gitar klasik, tetapi kemudian semuanya diperbolehkan pada senar baja, inovasinya adalah bagian dari tindakan.

Repertoar ‘gaya jari’ baru dibuat relatif baru-baru ini. Seringkali ‘penyeteman terbuka’ digunakan, di mana gitar akan disetel dengan cara alternatif. Dan juga, alat bantu seperti tusuk jari dan capo dapat digunakan. Baru-baru ini, beragam teknik perkusi telah ditambahkan untuk meniru alur drum. Semua gitaris gaya jari yang dikenal telah berkontribusi secara kreatif untuk pengembangan gaya ini melalui komposisi dan teknik mereka.

Facebook Comments