7 Fakta Menarik Tentang Gitar Yang Tidak Kamu Ketahui

Apakah kamu sedang membuat kuis untuk mengesankan teman-teman atau kamu memiliki rasa ingin tahu yang tak pernah puas tentang gitar? Ada fakta yang menarik yang mungkin kamu belum mengetahuinya. Inilah sebabnya kami mengumpulkan 7 fakta paling menarik dari dunia gitar dari yang terbesar, yang terkecil dan yang paling aneh!

# 1 Gitar Pertama Diciptakan di Mesir Kuno

Ya, dalam beberapa hal, meskipun instrumen seperti gitar yang dibuat 3.500 tahun yang lalu (saat ini lebih dikenal dengan sebutan gitar vintage!) Jauh dari gitar yang kita mainkan hari ini.

Gitar ini milik seorang penyanyi yang dikenal sebagai Har-Mose dan dibuat dari kayu cedar yang dipoles dengan papan suara kulit mentah, menampilkan tiga senar dan bahkan memiliki alat plectrum yang melekat pada instrumen melalui akord. Pusaka gitar yang menarik ini dipajang di Museum Arkeologi di Kairo.

# 2 Gitar Terbesar di Dunia Dengan Panjang 13 Meter

Itu benar-benar merupakan gitar terbesar di dunia, disertifikasi oleh Guinness Book of World Records, panjangnya lebih dari 13 meter (sekitar 43 kaki). Seperti tentang panjangnya bus! Bahkan lebih mengesankan, gitar ini lebih dari sekedar model dan sebenarnya instrumen yang dapat dimainkan, dengan masing-masing string memberikan nada yang benar.

Gitar yang dibuat oleh Akademi Sains dan Teknologi di Texas, beratnya £ 2,255 (lebih dari 1.000kg), membutuhkan waktu hampir satu tahun untuk membangun, menampilkan kabel pesawat untuk string, dan berada dalam bentuk ikon Gibson Terbang V.

# 3 Gitar Terpendek Hanya Mencapai 10 Mikron

Kecuali jika kamu memiliki jari yang gesit, kamu tidak akan dapat memainkan gitar ini, yang berukuran 1 / 100.000 meter (sekitar ukuran sel tunggal).

Dibuat oleh para peneliti di Cornell University di New York, gitar gaya double-cutaway sebenarnya memiliki string yang dapat dipetik (oleh peralatan spesialis yang jelas), meskipun frekuensinya sangat tinggi sehingga tidak terdengar oleh telinga manusia.

# 4 Gitar Paling Mahal yang Pernah Dijual seharga $ 2,8 juta

Diciptakan oleh Fender, Stratocaster ‘Reach Out To Asia’ yang benar-benar unik dan menarik untuk dijual di pelelangan. Uang tersebut dikumpulkan dan diberikan kepada para korban gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004.

Sementara White Strat sendiri dikabarkan memiliki biaya Fender sekitar $ 20.000 untuk diproduksi, harga akhirnya mencapai jutaan karena ‘dekorasi’ yang unik. Ini datang dalam bentuk tanda tangan di wajah oleh 19 ikon gitar, termasuk Mick Jagger, Eric Clapton, Keith Richards , Brian May, Jimmy Page, Jeff Beck, David Gilmour, Pete Townsend, Bryan Adams, Paul McCartney dan Sting dan (yang menyusun proyek Reach Out to Asia) di antara legenda lainnya!

# 5 Gibson Membuat Gitar Paling Mewah Sepanjang Masa

Sementara Fender Strat yang kami sebutkan di atas bernilai karena koleksi tanda tangan ikonik, pada tahun 2015, Gibson meluncurkan gitar yang bernilai hampir sama karena bahan mewah yang digunakan untuk menghiasinya.

Bekerja bersama dengan perancang perhiasan Aaron Shum, musisi dan perancang Mark Lui, kreasi Gibson dijuluki ‘Eden of Coronet’ dan merupakan SG putih yang menampilkan lebih dari 400 berlian selain sekitar 1,6 kg emas 18k.

# 6 Seseorang Pernah Memainkan Gitar Selama Empat-setengah Hari

Pada tahun 2011, gitaris Irlandia Dave Browne mencetak rekor dunia baru untuk sesi gitar terpanjang yang pernah ada. Gitaris berbakat bermain tanpa henti selama 114 jam 6 menit dan 30 detik, antara 12 hingga 17 Juni.

Sesi mega berlangsung di Temple Bar Pub yang terkenal di Dublin, Irlandia (yang tetap terbuka selama pertunjukan) dan Dave memiliki waktu istirahat tidak lebih dari 30 detik antara lagu. Pada gitar yang dipinjamkan kepadanya oleh Stevie Ray Vaughan, Dave memainkan total 1.372 lagu, diakhiri dengan klasik U2, “With or Without You”.

# 7 Seorang Pria Pernah Menikah dengan Stratocaster-nya

Pada tahun 2001 seorang musisi Inggris, Chris Black, jatuh cinta dengan Fender Strat merahnya yang dikenal dengan nama ‘Brenda the Fenda’.Dia menikah setelah 35 tahun ‘berkencan’. Upacara diadakan di sebuah gereja di London dan diresmikan oleh seorang teman.

Gitar itu secara teknis adalah ‘istri’ keduanya, karena Chris juga menikah dengan seorang wanita pada saat itu. Tidak pernah menganggap dirinya terlalu serius, Chris berkata, “Itu hanya untuk sedikit kesenangan atau membantu menghibur orang.”

Facebook Comments